Cara Membuat Podcast dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Podcast adalah salah satu tren yang ada di ranah anak muda pada masa kini. Para pendengar podcast yang rata-rata merupakan para anak muda yang senang mendengarkan radio namun mereka ingin mempunyai kebiasaan lainnya yang menarik untuk mereka lakukan, yaitu salah satunya adalah dengan mendengarkan podcast.

Tren mendengarkan podcast itu sendiri sudah ada sejak lama dikalangan para warga di negeri paman Sam, Australia, dan negara barat lainnya. Bahkan mereka juga sudah memahami bagaimana cara membuat suatu podcast yang diminati kebanyakan orang.

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Jerman Agar Sukses Ausbildung

Bagaimana dengan di Indonesia? Di Indonesia tidak banyak orang yang mengetahui dengan adanya podcast, maka untuk podcast buatan para warga Indonesia pun tidak banyak sebanyak podcast yang diciptakan oleh warga barat lainnya.

Namun dengan adanya perkembangan zaman yang sangat cepat, dan perkembangan teknologi, saat ini sudah mulai marak para artis ataupun influencer yang mulai untuk membuat suatu podcast yang menarik, dan mengedukasi.

Cara Membuat Podcast dan Hal yang Perlu Diperhatikan

 

Durasi Episode Podcast

Setelah kalian sudah menentukan jenis konten, dan nama dari konten podcast, maka setelah itu kalian harus mengetahui berapa lama durasi dari podcast yang akan kalian buat, agar nantinya para audience tidak bosan untuk mendengarkan konten yang telah kalian buat, selain itu untuk mengundang para audience untuk tetap mendengarkan podcast tersebut karena penasaran apa selanjutnya kelanjutan cerita yang akan diulas.

Dan video yang di upload tersebut harus dilakukan secara bertahap atau dengan menggunakan episode, agar para audiens tersebut selalu merasa penasaran terhadap apa saja yang akan dilakukan oleh pengkonten lainnya di hari berikut.

Berapa Lama Harusnya Durasi Episode Podcast

Durasi Podcast sebenarnya sangat tergantung dengan jenis konten yang nantinya akan di upload, kalian dapat melihat di dalam suatu peristiwa dengan mengestimasikan, contohnya adalah kebiasaan orang yang lama berada di jalanan, menyetir kendaraan, ataupun yang menggunakan kendaraan umum.

Banyak dari mereka yang masih berada di dalam ruangan selama 1 jam, kalian dapat membuat konten podcast dengan minimal 20 menit sebagai salah satu durasi yang ideal dalam melakukan rekaman podcast.

Kalian juga bisa merekam podcast kalian selama lebih dari satu jam, namun kalian patut memperhatikan tema konten yang akan kalian bawa ke dalam podcast tersebut, kalian harus memastikan bahwa konten tersebut akan menarik banyak minat orang untuk tetap mendengarkan selama satu jam kedepan, dan memberikan feedback yang sangat positif untuk pendengar atau bahkan pengkonten tersebut.

Hingga akhirnya di waktu yang tepat nantinya para pendengar akan memberikan komentar terhadap konten podcast kalian, apakah konten tersebut menarik, membosankan, atau materi yang diberikan terlalu pendek atau terlalu membosankan, kalian dapat mensurvei hasil konten kalian dengan menggunakan cara tersebut.

Rilis Episode Baru

Bagi kalian yang selalu mempertanyakan mengenai jeda rilis episode podcast, maka jadwal yang baik adalah jadwal yang dapat kalian penuhi dengan cara teratur. Kalian bisa mengelola akun podcast, serta postingan podcast kalian dalam kurun waktu sebulan hanya sekali memposting,

namun apabila kalian melihat sasaran kalian lebih sering mendengarkan podcast dalam waktu sebulan satu kali, namun apabila kalian dapat mengelola podcast kalian dalam waktu yang berdekatan misalnya seminggu sekali maupun dua minggu sekali, itu akan menjadi salah satu nilai plus untuk podcast kalian.

Apakah Seasonal Podcasting Itu?

Beberapa dari kalian pasti bingung apa sebenarnya arti dari seasonal podcasting ini, dan apa sebenarnya fungsi dari seasonal podcasting ini. Seasonal podcasting ini adalah membagi setiap postingan yang kalian sudah rekam menjadi beberapa season, dengan begini kalian dapat ,menghemat waktu apabila kalian tidak memiliki waktu untuk mengupload hasil rekaman kalian ke dalam podcast, kalian bisa menggunakan seasonal podcasting dengan menggunakan serial.

Dan yang menjadi nilai tambahnya adalah hal tersebut dapat mengundang para pendengar untuk tetap penasaran dengan hasil podcast kalian. Menggunakan podcast yang bersifat serial dan tentunya dengan sentuhan topik, dan tema yang berbeda akan mengundang pertanyaan. dan hal tersebut secara tidak langsung merupakan salah satu ajakan bagi para pendengar podcast untuk tetap setia di channel kalian.

Apabila konten tersebut sudah sangat sesuai dengan kemauan kalian, maka kalian juga bisa mengubah semua season di tiap waktu yang sudah kalian tentukan, contohnya minggu ini kalian akan membahas mengenai parenting yang baik, minggu selanjutnya kalian akan membuat seson mengenai bullying dan sebagainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *