Memahami Infeksi Virus Zika Bag3

Pada 28 November 2015, Menteri Kesehatan Brazil menyatakan adanya hubungan antara peningkatan kasus mikrosefalus pada bayi baru lahir dan infeksi virus zika di Brazil. Mikro sefalus terutama terjadi bila ibu hamil terinfeksi virus zika pada trimester pertama kehamilan. Seperti kita ketahui, trimester ini merupa kan masa kritis pembentukan otak. Terkait dengan berbagai ancaman virus zika inilah, ibu hamil yang akan bepergian ke area yang terjangkit virus zika, dianjurkan melakukan konsultasi dengan dokter sebelum pergi.

“ program beasiswa S1 Jerman Full gratisupstory

Selain itu, pada masa berada di area tersebut, diharapkan melakukan perlindungan ekstra terhadap gigit an nyamuk. Sementara itu, beberapa ibu ha mil yang disarankan melakukan pemeriksaan virus zika adalah yang memiliki riwayat perjalanan dari area terjangkit dan juga memiliki 2 atau lebih gejala dari infeksi virus ini. Alur penangan an ibu hamil dengan kecurigaan terinfeksi virus zika kerja (dan diagnosis banding), dan penatalaksanaan (diagnostik lanjutan, terapi, dan edukasi), silakan baca di halaman selanjutnya.

Apa Itu Mikrosefalus? Mikrosefalus terjadi akibat perkembangan otak yang abnormal. Penyebabnya bisa infeksi, kelainan kromosom, paparan terhadap obat berbahaya, alkohol, atau zat beracun lainnya, yang ada di lingkungan, penyakit metabolik, serta penyakit tulang kepala yang terlalu awal, sehingga ukuran lingkar kepala/head circum ference berada di bawah rata-rata usia gestasi (kehamilan). Sekali lagi, mikrosefalus terjadi bila infeksi virus zika mengenai perempuan hamil trimester pertama. Contoh mikrosefalus, bila janin yang berdasarkan USG usianya terhitung 25 minggu, tetapi lingkar kepalanya hanya sesuai bayi berusia 20 minggu.

”Saat usia kandungan minggu ke-8 aku memeriksakan kandunganku, berharap sudah bisa dengar detak jantung si kecil. Namun pada saat itu detak jantungnya belum juga terdengar. Rasa sedih tak karuan menyelimuti hatiku, takut terjadi apa-apa dengan janinku. Aku pun bersabar. Sampai di pemeriksaan selanjutnya, saat itulah aku baru benar-benar bisa mendengar denyut jantung si kecil. Rasa senang dan haru hadir karena aku bisa mendengar bukti nyata bahwa terdapat kehidupan di dalam rahimku. Terima kasih ya Allah atas anugerah-Mu.” Dheviyana Pratiwi, 8 Bulan Senang Dan Haru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *