Membentuk Tim Startup yang Solid bersama NET89

Membentuk Tim Startup yang Solid bersama NET89 – Asadullohil Ghalib Kubat, CEO Solite Studio Berdirinya software developer ternyata tidak selamanya ber mula dari kantor. Solitude Studio, perusahaan yang didirikan oleh Ghalib justru bermula dari lab kampus. Ghalib yang dulu menjadi asisten lab di kampusnya, menjadikan lab tersebut base camp bersama rekan-rekannya di kala senggang.Tim yang bertempat di Bangkalan, Madura, ini akhirnya membentuk Solite Studio, studio yang kini karyanya sudah menghasilkan banyak prestasi hingga dunia internasional lewat game “Save the Hamster”.

Untuk membuat startup di bidang ini, Ghalib ingin berbagi dengan pembaca CHIP apa saja yang membuat timnya tetap solid dan mampu menghasilkan karya. Bagi Ghalib, membuat sebuah startup memang bukan hal yang mudah. Ketika pertama kali terbentuk pasti ada masalah klasik, misalnya masalah kepercayaan, terlebih di tahun-tahun pertama. Ada yang ragu dan tidak ikut bergabung. “Saya selalu menekankan di awal hal-hal yang tidak enak terlebih dahulu. Jadi justru bukan potensi pendapatan atau hal-hal yang bagus. Hal ini saya lakukan, agar tidak ada anggota yang nantinya kecewa jika ada hal yang tidak sesuai ekspetasi mereka,” ujarnya.

Ghalib juga meminta rekan-rekannya mendiskusikan hal tersebut kepada orangtua mereka. Ini juga untuk memastikan agar mereka yang bergabung benar-benar memiliki passion. “Karena startup tidak selalu enak, di tengah jalan pasti ada badai.” Pada bagian inilah pentingnya tugas seorang founder. Baginya, tugas founder menjadi peran yang sangat penting layaknya nahkoda kapal yang mampu membawa dan tetap tenang dalam menjalankan kapal, termasuk memastikan dana yang mendukung bisnis kita bisa berjalan dengan lancar.

“Naik turun adalah hal yang biasa. Bila perlu, sebagai founder, kita perlu memakai kacamata kuda agar tetap fokus ke tujuan. Terlebih, kemenangan yang sejati bukanlah memenangkan kompetisi, melainkan di dunia nyata,” katanya. Selain itu, seorang founder juga harus yakin dengan apa yang dituju, melihat manfaatnya.

Sumber : https://net89.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *