Terpenting adalah Upaya bagi Naufal Bag3

Kami berharap, Naufal bisa bertemu banyak orang, bergaul, dengan begitu kemampuan berkomunikasinya ikut terstimulasi. Terbukti, saat ini ia tidak takut lagi atau enggan bertemu anak-anak sebayanya. Biasanya, jika ada temannya yang datang ke rumah, ia akan keluar rumah.

Baca juga : ausbildung jerman

Sekarang, ia tetap berada di dalam rumah seolah tak sungkan berada di tengah teman-temannya. Hanya, saat ini kemampuan bicara Naufal sangat rendah. Ia sulit sekali bicara. Kalau meng inginkan sesuatu, ia hanya menarik tubuh kami, lalu menunjuk apa yang diinginkannya. Saya ingin sekali memberikan terapi wicara. Namun, kata terapisnya, kemam puan fokusnya harus diperbaiki dahulu, baru setelah itu melakukan terapi wicara. Tapi biar bagaimanapun, saya bersyukur atas perkembangan Naufal selama ini meski harus terus dikembangkan.

Mengenai penyebab autisme yang dialami Naufal, pernah saya tanyakan ke dokter kandungan sewaktu hamil anak kedua. Menurutnya, air ketuban saya yang sudah hampir kering kala jelang persalinan bisa ikut memengaruhi. Waktu itu, saya sempat menginap semalam di rumah sakit, tetapi karena baru pem bukaan satu, akhirnya saya pulang. Namun siangnya, ternyata ketuban pecah. Karena khawatir, kami pilih rumah sakit yang dekat rumah saja.

Sayangnya, penanganan agak lambat, malamnya baru dilakukan operasi sesar setelah pembukaan tak kunjung bertambah, padahal air ketuban sudah hampir kering. Selain itu, waktu hamil Naufal, di usia kehamilan dua bulan, saya dirawat di rumah sakit karena stres berat sampai tidak mau makan. Maklumlah, waktu itu saya hamil pertama di usia yang masih cukup muda, 21 tahun. Tapi, apa pun penyebabnya, yang penting sekarang adalah bagaimana mengupayakan per baikan bagi Naufal.

Prebiotik Bantu Perbaiki Selera Makan

Pemberian minuman mengandung prebiotik sebelum makan ternyata dapat mendorong anak untuk memiliki kebiasaaan makan yang baik, demikian menurut studi dari University of Calgary. Konsumsi serat prebiotik dapat membantu menurunkan asupan energi serta berat badan pada anak-anak. Strategi ini dinilai oleh peneliti dapat membantu dalam menangani obesitas pada anak. Namun, yang tetap tak boleh terlupakan adalah memperkenalkan anak-anak pada berbagai jenis makanan sehat serta mengedukasi mereka tentang pentingnya memiliki pola makan sehat.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *