4 Cara Merawat Kursi Jati Agar Tidak Cepat Rusak

Furniture rumah selalu identik dengan material kayu, meskipun saat ini sudah banyak alternatif lain yang tidak kalah menarik. Sebut saja besi, stainless steel, aluminium dan sebagainya. Sejak zaman dahulu, kayu memang menjadi favorit sebagian besar orang untuk pembuatan furnitur. Barang furniture yang bisa di buat dari kayu ada banyak lohh…seperti kursi tamu kayu ukir, meja makan kayu trembesi, tempat tidur kayu jati. Dari sekian banyak jenis kayu, jati masih menjadi pilihan utama. 

Kayu jati dipilih karena memiliki tingkat kekokohan yang tidak perlu diragukan lagi, sekaligus mampu bertahan lama. Bicara soal kayu jati, salah satu furniture yang umum dibuat adalah kursi. Bagi Anda pemilik kursi kayu jati, Sebenarnya sih… simak baik-baik ulasan singkat dibawah.

Cara Merawat Kursi Jati Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

  1. Rutin Membersihkan

Jika Anda ingin kursi jati di rumah tetap awet, maka tidak boleh malas membersihkannya. Pembersihan kursi bisa dilakukan sebanyak 4x dalam sebulan atau 1 minggu 3x. Gunakan kuas berukuran kecil agar bisa membersihkan debu yang ada di sela-sela kursi.

Tujuannya adalah mencegah pertumbuhan jamur di sela-sela kursi jati.

  • Menggunakan Cairan Pembersih

Selanjutnya, Anda bisa membeli cairan khusus pembersih mebel yang banyak dijual di toko-toko terdekat. Semisal kit atau cairan pledge. Gunakan lap kering untuk membersihkan kursi jati dengan pledge.

Supaya kursi kayu jati tetap terjaga warnanya dan kinclong, Anda bisa menambahkan sedikit wax atau gel.

  • Pindahkan Kursi Jati Dengan Hati-Hati

Sebaiknya Anda tidak menarik sandaran atau menyeret kursi kayu jati ketika ingin memindahkannya ke suatu tempat. Sebab, hal ini bisa mengikis permukaan kayu jati akibat bergesekan dengan lantai. Satu atau dua kali mungkin tidak berpengaruh, namun bagaimana jadinya jika Anda terus-terusan melakukan kebiasaan ini?

Nah, agar kursi kayu jati lebih awet Anda harus mengangkat dudukan atau penampangnya ketika ingin memindahkan ke suatu tempat.

  • Letakkan Kursi di Ruangan Bersuhu Normal

Hindari meletakkan kursi kayu jati di tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, karena bisa menimbulkan retakan pada lapisannya. Di sisi lain, tempat bersuhu lembab mudah menimbulkan serangga atau jamur yang membuat kursi jati cepat lapuk.

Itu tadi adalah empat cara merawat kursi jati agar lebih awet dan tahan lama, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *