Asyiknya Main Di Luar Rumah

Sesekali, ajak si batita bermain di halaman rumah atau di taman. Selain mendapat udara segar, manfaatnya pun banyak. Pada suatu kesempatan, Melanie Putria, Puteri Indonesia 2002, berbagi cerita tentang Sheemar Rahman Purwadireja (3). “Suatu ketika aku ajak ia ke sebuah taman. Tak disangka, ia takut dengan rumput di taman itu. Ia langsung berlari menjauh. Itu momen yang sangat menohok kalbu. Ini tak benar.

Terus aku biasakan mengajak ia pergi ke taman atau area terbuka lainnya. Ayo buka sepatu, berani kotor atau kami jogging bersama. Sekarang ia senang aktivitas outdoor dan tampak happy.” Melanie sangat senang, buah hatinya kini menyukai kegiatan outdoor. Menurutnya, aktivitas ­ sik di luar ruang sangat penting bagi batita. “Kalau saat bayi, mungkin banyak di rumah, ya. Tapi begitu batita, saya sering bawa anak keluar.

Dampaknya, anak jadi percaya diri, tak takut, berinteraksi sosial, sekaligus menyehatkan. Bergerak dan berkeringat itu sehat, lo. Anak tak perlu takut terjatuh, yang penting kita ikut terlibat dalam aktivitas atau mengawasi. Bonding sama anak pun makin tercipta.” Ya, betul banget, Mam. Batita yang aktif di luar rumah, umumnya lebih mudah beradaptasi, juga terasah keseimbangan otak kiri dan kanan sehingga cepat berkembang.

Si batita pun jadi lebih sigap, sehat, dan bugar bila melakukan aktivitas ­ sik di luar rungan. Selain juga menambah kedekatan orangtua dan anak saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Seperti diketahui, usia batita merupakan masa pusat pertumbuhan, pembentukan, dan penyempurnaan ­ sik. Di sisi lain, dunia batita adalah dunia bermain. Oleh sebab itu, Mama Papa harus mengajak si kecil bermain, bukan hanya di dalam ruangan, melainkan juga di luar ruangan. Apalagi, dengan bermain di luar ruangan, anak bisa mendapatkan banyak ruang gerak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, pembentukan, dan penyempurnaan ­fisiknya.

Jika anak hanya berada di dalam rumah, apalagi sejak mengenal teknologi, anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain gadget/video games, akan berakibat tidak baik untuk kesehatan mata dan rentang perhatian anak. Belum lagi, jika selama bermain games atau menonton teve di rumah, anak ditemani pula dengan aneka camilan yang nantinya berdampak pada bertambahnya berat badan anak. Hati-hati, si kecil bisa mengalami kegemukan! Ayo Mama Papa, ajak si batita bermain di luar secara rutin. Hati senang, pertumbuhan pun optimal.

Disamping itu, untuk anak yang akan menghadapi ujian IELTS sebaiknya berikan ia persiapan di tempat les persiapan IELTS Jakarta yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *